Wadanjen Kopassus kunjungi Tim Ekspedisi Khatulistiwa di Kalimantan

Kunjungan Wakil Komandan Jenderal Kopassus Brigjen TNI Doni Monardo beserta rombongan ke Kotis Ekspedisi Khatulistiwa Subkorwil-1 Sambas disambut meriah oleh seluruh Tim Ekspedisi dan masyarakat desa Setinggak Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas yang berlangsung dilapangan Pelabuhan Merbau Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas, Rabu (4/4/2012)

Kunjungan Wakil Komandan Jenderal Kopassus Brigjen TNI Doni Monardo beserta rombongan ke Kotis Ekspedisi Khatulistiwa Subkorwil-1 Sambas disambut meriah oleh seluruh Tim Ekspedisi dan masyarakat desa Setinggak Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas yang berlangsung dilapangan Pelabuhan Merbau Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas, Rabu (4/4/2012)

Kedatangan Wadanjen Kopassus   di Kotis Ekspedisi Khatulistiwa disambut dengan Tradisi Tepung Tawar dan tarian Selamat datang dari siswa SMP Paloh. Hadir dalam acara tersebut Dandim 1202/Skw, Wakil Bupati Sambas, Camat Paloh,para Danramil jajaran Kodim 1202/Skw,para Babinsa jajaran Kodim 1202/Skw, Kapolres Sambas,Kapolsek Paloh,para pejabat Pemda Kab.Sambas,para tokoh masyarakat,Tokoh Adat,Tokoh Agama serta seluruh warga masyarakat dusun Setinggak Kec.Paloh yang turut menyaksikan acara tersebut.

Dandim 1202/Skw Letkol Inf. Wawan Setiawan selaku Komandan Sub Korwil 01/Sambas membahas tentang kegiatan dan rencana kegiatan dari awal hingga sekarang. Adapun hal-hal yang menonjol yaitu tentang penemuan-penemuan flora-fauna, Geologi dan potensi bencana alam, penemuan benda-benda bersejarah dan penemuan kerusakan lahan hutan diwilayah Kabupaten Sambas.

Bupati Sambas dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati dr.Pabalimusa menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh Tim Ekspedisi Khatulistiwa yang telah bekerja dengan sungguh-sungguh satu bulan ini di wilayah kabupaten Sambas, dengan menghasilkan penelitian-penelitian tentang Geologi, Hutan, Flora-Faunadan Komsos kepada masyarakat berupa penyuluhan-penyuluhan serta Karya Bhakti berupa pengobatan massal Gratis yang telah dilaksanakan di Kecamatan Paloh. Bupati berharap hal ini dapat dipertahankan dan dilanjutkan dengan program-program selanjutnya demi kemajuan masyarakat Kabupaten Sambas khususnya dan Kalimantan pada umumnya.

Dalam sambutannya Wadanjen Kopassus Brigjen TNI Doni Munardo berpesan kepada seluruh peserta Tim Ekspedisi Khatulistiwa agar memperhatikan faktor keamanan supaya tidak ada yang mengalami musibah atau kecelakaan yang tidak diinginkan,“Maka dari itu setiap kegiatan Komandan tim yang memimpin masing-masing tim harus melaksanakan briefing terlebih dahulu serta harus selalu menjaga keadaan alam yang dilewati.Tim Komsos dan peneliti agar betul-betul bekerja secara maksimal dan meneliti sosbud serta keadaan alam yang diteliti disekitarnya, hal ini berkaitan dengan keadaan hutan dan alam di Kalimantan yang banyak mengandung karbon sehingga banyak hutan dan tanaman yang mati, kering dan terbakar”, demikian ungkapnya.

Selain itu Brigjen TNI Doni Munardo memberikan penekanan khusus kepada seluruh Tim Ekspedisi Khatulistiwa untuk benar-benar menjaga, melindungi dan  melestarikan hutan dan hewan yang ada di daerah sekitarnya. Diakhir dari kunjungannya Wadanjen photo bersama dengan seluruh Tim Ekspedisi dan tamu undangan serta menanam pohon disekitar pelabuhan Merbau Kecamatan paloh sebagai simbol untuk melestarikan dan mencintai hutan Indonesia. Disamping kegiatan tersebut Wadanjen Kopassus juga berkenan melakukan perjalanan penjelajahan patok bersama Timsus  penjelajah    yang berjarak kurang lebih 13 KM..