·

Danjen Kopassus Resmikan Masjid As-Shiddiq Suparlan, Simbol Keberanian dan Kedermawanan Pasukan Khusus

Bandung, 15 Desember 2023 – Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus Mayor Jenderal TNI Deddy Suryadi, S.I.P., M.Si. meresmikan Masjid As-Shiddiq Suparlan di Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Kopassus, Batujajar, Bandung, Jumat (15/12).

Dalam amanatnya, Danjen Kopassus menyampaikan bahwa peresmian Masjid As-Shiddiq Suparlan merupakan momentum yang penting bagi Kopassus.

“Masjid As-Shiddiq Suparlan ini dilatarbelakangi kisah heroik Kopda (Anm) Suparlan dan juga kedermawanan Almh. Ibu Shinta Dwi Korani,” kata Danjen Kopassus.

Kopda (Anm) Suparlan adalah seorang prajurit Kopassus yang gugur dalam tugas operasi di Timor Timur pada tahun 1983. Kopda Suparlan adalah sosok prajurit yang berani, tangguh, dan penuh dedikasi. Beliau rela berkorban nyawa demi tugas negara.

Sementara itu, Almh. Ibu Shinta Dwi Korani, dimana dalam wasiatnya sebelum wafat berpesan untuk mewakafkan seluruh hartanya setelah meninggal, salah satunya bangunan Masjid yang telah didirikan yaitu Masjid As-Shiddiq.

Masjid As-Shiddiq Suparlan memiliki konsep bangunan yang terbuka dan ramah lingkungan. Atap masjid berbentuk parasut, yang melambangkan payung terjun dari Pasukan Khusus. Masjid ini dapat menampung hingga kurang lebih 280 lebih jamaah.

Pembangunan Masjid As-Shiddiq Suparlan ini merupakan hasil kerja keras dan sinergi dari berbagai pihak, termasuk Kopassus, dan donatur.

Peresmian Masjid As-Shiddiq Suparlan ini dihadiri oleh para pejabat teras Kopassus, Pusdiklatpassus, para mantan prajurit Kopassus, serta perwakilan keluarga Almh. Ibu Shinta Dwi Korani.

Masjid As-Shiddiq Suparlan diharapkan dapat menjadi tempat ibadah yang nyaman dan menjadi sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan para prajurit Kopassus dan masyarakat sekitar Asrama Pusdiklatpassus Batujajar.

Selain itu, masjid ini juga diharapkan dapat menjadi simbol dari keberanian, kedermawanan, dan semangat juang pasukan khusus.