Pembekalan KSPT (Kerjasama Pesawat Terbang) bagi Tim penjelajah Ekspedisi Khatulistiwa 2012

Kapten Inf Agus Supriatna memberikan pembekalan materi KSPT (Kerjasama Pesawat Terbang) kepada Tim penjelajah Ekspedisi Khatulistiwa 2012 di Situ Lembang, Bandung, (25/3).

Kapten Inf Agus Supriatna memberikan pembekalan materi KSPT (Kerjasama Pesawat Terbang) kepada Tim penjelajah Ekspedisi Khatulistiwa 2012 di daerah latihan Gunung Hutan Kopassus, Situ Lembang,(25/3).

Mengingat medan yang akan dijelajah oleh tim Ekspedisi Khatulistiwa 2012 di Kalimantan merupakan medan yang sangat berat, yang terdiri dari hutan belantara dan pegunungan serta sulit diakses oleh kendaraan darat, dengan demikian  materi KSPT (Kerjasama Pesawat Terbang) ini harus dikuasai oleh Tim Penjelajah, karena tidak menutup kemungkinan apabila dalam penjelajahan nantinya akan membutuhkan bantuan pesawat terbang ataupun hellycopter.

Materi  KSPT ini antara lain mengajarkan bagaimana memandu mendaratkan pesawat/hellycopter dalam melakukan bantuan untuk evakuasi maupun batuan logistik. Peserta juga diajarkan bagaimana berkomunikasi melalui radio dengan pihak Penerbad untuk meminta bantuan serta menentukan DZ (Drop Zone) / tempat pendaratan dengan kondisi yang ada.

Dengan pengetahuan KSPT ini diharapkan para peserta Ekspedisi Khatulistiwa 2012 di dalam pelaksanaan penjelajahan dapat mengatasi hambatan dengan cepat, tepat dan aman.