Kopassus Terlibat Latihan Gabungan Waspada Nusa VI

Sat-81 Gultor Kopassus tergabung dalam latihan  gabungan waspada nusa VI TA. 2014. Latihan ini melibatkan beberapa satuan elit TNI, di antaranya Sat 81 Kopassus, Detasemen Jalamangkara Marinir, Den Bravo Kopaskhas. Latihan ini di buka oleh Kas Korp Paskhas Marsekal Pertama TNI Seto Purnomo yang menjabat sebagai wakil komandan latihan,sementara jabatan komandan latihan di duduki oleh Mayjen TNI Doni Monardo (Danjen Kopassus) di Sentul – Bogor, Selasa (3/03/2014). Dengan di dukung 150 orang peserta latihan dari 3 satuan TNI.

Latihan ini mengambil tema” Satuan penanggulangan teror TNI melaksanakan penggulangan terhadap aksi teroris untuk lumpuhkan dan hancurkan kelompok teroris dalam rangka pelihara stabilitas keamanan di wilayah sebagai bagian dari oprasi selain perang(omsp)”.

Dalam pengarahannya wakil komandan latihan Marsekal pertama TNI Seto purnomo menyampaikan agar semua peserta latihan segera menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi latihan yang akan dilaksanakan. Latihan waspada nusa VI ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan Kopassus, Denjaka dan Sat Bravo 90 agar mampu merumuskan rencana oprasi dengan baik serta mahir melaksanakan penindakan awal dalam rangka mewujudkan kesiapsiagaan oprasi yang handal.

Disisi lain juga untuk meningkatkan kemampuan unsur pimpinan dan pembantu pimpinan satgas gultor TNI dalam pengambilan keputusan khususnya pada tahap penyusunan rencana oprasi gultor serta untuk meningkatkan kesiapsiagaan satgas gultor TNI dalam menghadapi berbagai kontijensi baik aspek personel,materiil maupun piranti lunak.