TNI AD Juara Umum AARM 12 Kali

Wakil Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Wadanjen Kopassus) Brigjen TNI Richard Tampubolon menyambut kedatangan tim TNI AD yang berlaga pada The Asean Armies Rifle Meet (AARM) di Base Ops Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Jumat (24/11/2017).

Lomba Tembak AARM ke-27 tahun 2017 ini digelar di Singapura. Lomba tembak antar Angkatan Darat negara-negara ASEAN atau The ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) setiap tahun diselenggarakan secara bergantian. Lomba ini diselenggarakan sejak tahun 1991 hingga tahun 2017.

AARM ke 27 tahun 2017 diselenggarakan di Singapura berlangsung dari tanggal 14 November hingga 23 November 2017 diikuti oleh 10 negara ASEAN yaitu Indonesia, Thailand, Filipina, Singapura, Malaysia, Vietnam, Myanmar, Laos, Brunei dan Timor Leste.

Pada lomba AARM tahun 2017 di Singapura ini mempertandingkan lima materi yaitu Senapan, Karaben, Pistol putra dan putri serta Senapan Otomatis (Machine Gun).

Jumlah petembak 37 orang dengan Komandan Kontingen Mayor Inf Nur Wahyudi terdiri dari Kopassus (23 orang), Kostrad (enam orang), Kodam lI/Sriwijaya (dua orang), Kodam V/Brawijaya (dua orang), Kodam Vl/Mulawarman (satu orang), Kodam XIV/Hasanudin (satu orang), Kodam XVI/Pattimura (satu orang dan Pusdikku Kodiklat TNI AD (satu orang).

Kontingen TNI AD meraih prestasi terbaiknya dalam sepanjang penyelenggaraan AARM dan memecahkan rekor baru ASEAN dengan perolehan 9 trofi dan medali 31 emas, 10 perak dan 10 perunggu keluar sebagai Juara Umum.

Disusul peringkat kedua Thailand dengan tiga trofi, tujuh emas, 12 perak dan enam perunggu. Peringkat ketiga Filipina dengan satu trofi, tiga emas, delapan perak dan tujuh perunggu. Posisi keempat diduduki tuan rumah Singapura dengan perolehan dua emas, sembilan perak dan 13 perunggu.

Indonesia meraih sembilan trofi dari 15 trofi yang diperebutkan dan 31 medali emas dari 45 emas medali yang diperebutkan. Sembilan trofi yang diraih didapat dari materi senapan dua trofi, Karaben dua trofi, Pistol Putra dua trofi, Senapan Otomatis dua trofi (Champion Individual dan overall tim) dan pistol putri satu trofi (Champion Individual).