Tim penjelajah Ekspedisi Khatulistiwa 2012 menerima materi survival

Tim penjelajah Ekspedisi Khatulistiwa 2012 menerima materi Survival yang disampaikan oleh Lettu Inf Agus Sudarso di daerah latihan Kopassus, Situ Lembang, Bandung-Jawa Barat, (25/3).

Tim penjelajah Ekspedisi Khatulistiwa 2012 menerima materi Survival yang disampaikan oleh Letnan Satu Inf Agus Sudarso Pama Pusdikpassus Kopassus bertempat di daerah latihan Gunung Hutan Kopassus Situ Lembang, Bandung, JawaBarat,Minggu (25/3).

Materi survival yang diberikan kepada Tim penjelajah ini sangatlah penting dilakukan mengingat medan yang akan dilalui nantinya sangat berat dan merupakan hutan belantara yang masih perawan karena sebagian wilayahnya belum pernah dilalui manusia. Dengan demikian maka pengetahuan survival menjadi sangat berpenting karena berkaitan dengan teknis dan cara bagaimana mempertahankan hidup didalam hutan apabila dukungan logistic tidak ada.  Dalam situasi seperti ini kemampuan mempertahankan hidup menjadi satu-satunya jalan untuk bertahan dengan memanfaatkan alam yang ada baik berupa hewan maupun tumbuhan. Materi survival ini antara lain memperkenalkan beberapa tumbuhan maupun hewan  yang dapat dimakan. Pada kesempatan ini peserta Ekspedisi mempraktekkan cara menangkap ular dan biawak serta mereka bisa merasakan langsung binatang tersebut yang yang dibakar terlebih dahulu.

Dengan pembekalan ini diharapkan nantinya para peserta penjelajah Ekspedisi Khatulistiwa 2012 dapat mengatasi masalah apabila dukungan logistic tidak dapat menjangkau wilayah yang mereka lalui, sehingga mereka mampu mempertahankan hidup didalam hutan Kalimantan.