Sertu Ade, Prajurit Kreatif dan Inovatif

Sersan Satu Ade Kusnadi salah satu prajurit Kopassus yang pernah mendapat penghargaan Juara Lomba Karya Cipta tingkat TNI  telah menuai keberhasilan membuat  senapan serbu dan rantis (kendaraan taktis), hal tersebut pernah ditampilkan pada pameran di Mabes TNI Cilangkap dalam rangka Rapim TNI,tanggal 18 Januari 2012

Sebuah prestasi yang patut dibanggakan dan perlu dorongan oleh semua pihak akan rasa cinta produk dalam negeri oleh bangsa Indonesia, kini TNI berhasil merakit sebuah kendaraan taktis (rantis) yang sangat berperan vital dalam menunjang tugas dalam medan tempur,hal tersebut pernah ditampilkan pada pameran di Mabes TNI Cilangkap dalam rangka Rapim TNI,tanggal 18 Januari 2012.

Sersan Satu Ade Kusnadi salah satu prajurit Kopassus yang pernah mendapat penghargaan Juara Lomba Karya Cipta tingkat TNI dan  mempunyai kemampuan, kreatifitas dan inovatif telah menuai keberhasilan membuat senapan serbu dan rantis (kendaraan taktis) yang tergabung dalam Tim Working Group TNI.

Dengan keterampilan yang dimiliki, Sertu Ade Kusnadi bersama Tim Working Grup TNI berhasil menciptakan prototipe rantis 4×4 sebutan 4-wheels drive (4WD) yang memenuhi standardisasi ini dan guna mewujudkan suatu prototipe Kendaraan Taktis 4×4, yang dapat mengakomodasi operational requirement satuan-satuan manuver ataupun untuk kepentingan pengamanan TNI. Tentu dengan menggunakan teknologi mutakhir dan semua materialnya tetap diambil dari dalam negeri, seperti baja dari PT Krakatau Stell dan ban dari PT Gajah Tunggal.

Sisi lain, kemandirian perlu didukung oleh kualitas sumberdaya manusia dan penguasaan teknologi yang saling berkaitan. Sumber daya manusia yang memiliki kreatifitas, inovatif, percaya diri serta terampil berkomunikasi dan bekerja sama, merupakan faktor pendukung dalam keberhasilan produksi dan penciptaan produksi. Dalam hal tersebut, diperlukan pula penguasaan teknologi dan jaminan logistik serta kemampuan pengembangan produk baru. Penelitian dan pengembangan diperlukan untuk memungkinkan temuan-temuan baru dan mengatasi berbagai masalah secara optimal. Selamat!!!! (mtj/pen)