Prajurit Kopassus Sumbang Medali Emas Pada Kejuaraan Renang Unifil 2015

Hasil sangat membanggakan ditunjukkan oleh para prajurit Kontingen Garuda pada Kejuaraan Renang Unifil, berlangsung tanggal 15 s.d 19 Juni 2015 di Markas Besar Unifil, Naqoura. Dalam perhelatan yang diikuti oleh 11 negara ini, Lagu Indonesia Raya berhasil berkumandang tujuh kali. Kontingen Garuda berhasil mengantongi tujuh medali emas, delapan medali perak, sepuluh medali perunggu dari total enam belas emas yang diperebutkan.

Tim Renang kontingen garuda yang dimotori oleh perenang dari Satgas INDO FPC, Satgas Indobatt, dan FHQSU mampu mendominasi jalannya kejuaraan. Satgas INDO FPC dibawah koordinator Lettu Inf Galih Erlangga Yudha (Pasi Intel Batalyon 11 Grup-1 Kopassus) mampu meraih empat medali emas dan dua medali perak. Dalam hal ini tiga medali emas dan satu medali perak disumbangkan oleh prajurit Kopassus. Pratu Aprellian Noer Perdana (Tabakpan-2/1/2/2 Batalyon-21 Grup-2 Kopassus) untuk perorangan menyumbangkan satu medali emas di 100 m gaya dada perorangan putra dan satu medali perak di nomor 40 meter. Dua medali emas lainnya dipersembahkan oleh Praka Abdul Husein (Taopskom Siintel Batalyon-32 Grup-3 Kopassus) dan Pratu Aprellian Noer Perdana dari nomor estafet 4×40 meter gaya bebas beregu putra dan estafet 4×40 meter gaya ganti beregu putra. Hasil baik ini diikuti oleh Satgas Indobatt yang memperoleh satu emas, enam perak, dan sembilan perunggu. Disempurnakan oleh dua medali emas dari satgas FHQSU.

Dengan perolehan medali tersebut, Satgas INDO FPC berhak menyandang predikat Kontingen peserta terbaik dan meraih “Championship Trophy”. Komandan Satgas INDO FPC, Letkol Inf  Mohammad Sjahroni, SE menerima tropi yang diserahkan langsung oleh Unifil COS (Chief of Staff), Brigadir Jenderal Eric Hautecloque. Unifil COS memberikan ucapan selamat kepada Komandan Satgas FPC dan berkesempatan bertanya satu hal, “Bagaimana anda bisa mencetak prajurit yang berprestasi seperti ini?”. Dari Komandan Satgas INDO FPC dijawab singkat, “Kuncinya adalah berlatih dan disiplin”.

Dalam acara pemberian penghargaan prajurit berprestasi Satgas INDO FPC yang dilaksanakan di Sudirman Camp, Jumat 26/06, Letkol Inf  Mohammad Sjahroni, SE mengucapkan selamat serta ucapan bangga atas hasil keras dan prestasi yang berhasil membawa nama harum Indonesia di mata internasional. Prestasi membanggakan ini semakin menambah deretan prestasi prajurit Kopassus di Unifil dalam berbagai kejuaraan sebelumnya. Dalam kejuaraan badminton Unifil 2015, Serda Oktafian Felik Pitoy anggota Denma Makopassus Cijantung meraih medali emas di nomor ganda putra, dan Praka Adi Siswanto anggota batalyon-13 Grup-1 Kopassus meraih medali perunggu di nomor ganda putra. Dalam Kejuaraan Menembak Unifil 2015, Pratu Febiarso anggota Batalyon-11 Grup-1 Kopassus meraih medali emas materi pistol beregu putra, sedangkan Sertu Edi Purnomo anggota Batalyon-33 Grup-3 Kopassus meraih medali emas materi senapan beregu putra.

Semoga prestasi Kontingen Garuda UNIFIL 2015 semakin mengibarkan nama Indonesia di kancah Internasional, GARUDA !!!.(mati)