·

Penantian Panjang Prestasi Lomba Tembak ASEAN di Negara Gajah Putih akhirnya dipersembahkan kontingen TNI AD AARM-31/2023

JAKARTA – Kontingen TNI AD berhasil merajai juara tembak dalam berbagai kategori pada Lomba tembak AARM-31/2023 di Thailand pada Minggu, 19- 22 November 2023.

Dalam ajang bergengsi ini para petembak handal TNI AD diterjunkan diantaranya dari Satuan Kopassus, Kostrad, Kodam Jaya, Kodam II / SWJ, Kodam III /SLW, Kodam V / BRW
dan Kodam XIV /HSN. Komando latihan menyiapkan masing masing petembak pada kecabangan Senapan, Karaben, Senapan Otomatis, Pistol Putra dan Pistol Putri.

Kontingen Indonesia membawa 48 personel yaitu Petembak = 25 orang
Pendukung = 23 orang, Komando latihan = 18 org, Observer = 3 orang dan PT. Pindad = 2 orang (sipil). Dan berhasil memenangkan
– 4 Trophy (3 Trophy individu & 1 Trophy Juara umum)
– 8 Emas
– 8 Perak
– 11 Perunggu

Dalam pengarahannya kepada para kontingen AARM-31/2023, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto memotivasi dan memacu semangat para petembak untuk kembali merebut predikat juara umum AARM, yang di tahun 2022 terlepas dari genggaman kontingen Angkatan Darat Indonesia. Dimana kala itu kontingen Indonesia harus puas berada di posisi kedua, setelah kalah dari kontingen Angkatan Darat Vietnam, yang juga merupakan tuan rumah AARM 2022.

“Setiap event itu situasinya berbeda. Kalian jangan terlena dengan euforia yang dulu-dulu juara. Jangan sampai kecolongan, karena semua ingin jadi juara, semua ingin jadi nomor satu, baik dalam ekonomi maupun kekuatan militer. Bila kita tidak memahami lingkungan strategis, maka kita tidak bisa memenangkan (lomba),” ujar Kasad mengingatkan.

Sebagai tambahan, Lomba Tembak AARM yang pernah diselenggarakan di Thailand, Kontingen Indoneia kerap mengalami kekalahan bahkan sampai sebanyak 4 kali yaitu pada tahun 1994, 2000, 2007 dan 2015, dimana saat itu kontingen TNI AD Indonesia hanya puas meraih juara dua.