OJT Bersama SOER Australia Dengan Sat 81 Kopassus

Selama 2 minggu OJT bersama SOER Australia dengan Sat 81 Kopassus Indonesia berlangsung, bertempat di Asrama Tim Cakra Cijantung Jakarta, Rabu( 18/3/2015)

OJT bersama bidang militer kedua negara bertujuan untuk menjalin kerjasama dan persahabatan secara bilateral pada bidang  militer serta untuk saling mengisi dan meningkatkan ketrampilan jihandak dan penguasaan tentang anjing.

Latihan OJT ini  berlangsung dari tanggl 16- 27 Maret 2015 dan mengambil lokasi latihan di Cijantung,Ciracas dan untuk aplikasi di Buperta Cibubur. Dan diikuti 15 pelaku latihan terdiri dari 7 personil dari Australia dan 8 personil dari Sat 81 Kopassus( tim cakra dan tim zihandak) dan beberapa pendukung latihan.

Menurut Danlat Kapten Inf Jefri Satria, materi latihan dibagi 2 bagian latihan secara parsiil dan di lanjutkan aplikasi, untuk Jihandak(EOD): pengenalan alat, pengoperasian alat, cara improvisasi handak, praktek dan aplikasi. Dan materi untuk latihan Anjing( EDD): Obidien(kepatuhan), Pelacakan, perawatan dan kesehatan anjing, cara memilih anjing dan aplikasi bersama jihandak.

Danjen Kopassus Mayjen TNI Doni Monardo saat meninjau latihan OJT mengatakan bahwa latihan ini sangat penting dan perlu ditingkatkan dari segi kemampuan dan kwalitas  untuk mendukung dan menghadapi perang melawan terorisme secara bersama dikawasan regional maupun internasional.