Menhut beri pembekalan peserta Ekspedisi Khatulistiwa 2012

Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan  SE.ME  memberikan pembekalan kepada peserta Ekspedisi Khatulistiwa  2012 bertempat di Aula Ricky Samuel,  Situ Lembang,  Bandung,  Jawa  Barat, Senin (27/3).

Pembekalan yang diberikan oleh Menteri Kehutanan tersebut salah satunya yaitu memberikan gambaran umum tentang kondisi hutan di Kalimantan merupakan “ Heart Of Borneo” yang berfungsi sebagai paru-paru dunia. Menhut juga mengatakan bahwa kita ini diberikan dan dianugerahi oleh Tuhan  YME kekayaan alam yang melimpah luar biasa. Dari kekayaan alam yang kita miliki beberapa komoditi sebagai komoditi ekspor tertinggi di dunia. Pengelolaan dan pengurusan sumber daya alam serta peran sektor kehutanan baik dari sisi pembangunan ekonomi maupun dari sisi pembangunan lingkungan .Disamping beberapa hal tersebut untuk kelestarian kawasan konservasi keaneragaman hayati dan kawasan berfungsi sebagai hutan lindung yang bervegetasi. Kalimantan  merupakan kawasan beranda depan dan pintu gerbang negara yang berbatasan dengan Malaysia. Hal ini untuk menunjang dan mewujudkan kawasan wisata alam yang berbasis hutan tropis basah dan wisata budaya yang berbasis budaya Kalimantan.

Mengakhiri pembekalannya Menhut mengharapkan dengan adanya Ekpedisi Khatulistiwa ini dapat menjadi penyuluh bagi warga masyarakat sekitar kawasan hutan untuk bersama-sama mengelola dan memanfaatkan kawasan hutan secara legal melalui izin kemasyarakatan, hutan tanaman rakyat, dan hutan desa. Pemberdayaan masyarakat pada kawasan konservasi seperti program pengembangan daerah penyangga dan desa hutan dengan mengembangkan hasil hutan seperti kayu, damar, rotan, madu dan tengkawang  yang  sangat terkenal di hutan Kalimantan. Pesan Menhut agar seluruh peserta Ekspedisi dapat memberikan sumbangsih yang berharga bagi kepentingan bangsa. Pada kesempatan ini juga Menhut berkenan menanam pohon di lingkungan barak latihan Kopassus serta meninjau kondisi danau situ lembang.