KOPASSUS, SIAP GELAR KOMANDO TRIATHLON

Setelah sukses menyelenggarakan “Komando Run” tanggal 9 – 10 April 2016 di Lapangan Banteng, Jakarta. Kini Kopassus, kembali menyiapkan lomba yang bertajuk “Komando Triathlon” pada hari Sabtu, tanggal 7 Mei 2016 bertempat di Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri – Jawa Tengah. Lomba ini diselenggarakan oleh Grup 2 Kopassus Kartosuro dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-64 Kopassus yang jatuh pada tanggal 16 April lalu, dengan menggabungkan tiga cabang olahraga, yaitu berenang sepanjang 1,5 km, bersepeda sepanjang 40 km dan lari dengan jarak sepanjang 10 km. Kegiatan Komando Triathlon ini sekaligus mengajak kepada seluruh masyarakat Wonogiri dan sekitarnya untuk menikmati alam pariwisata yang ada di wilayah Wonogiri.

Triathlon adalah sebuah kompetisi olahraga yang menggabungkan tiga cabang olahraga sekaligus, yakni renang, balap sepeda dan lari yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu kesatuan waktu. Triathlon merupakan kompetisi kecepatan waktu dimana para peserta nantinya harus dapat membagi tenaga dalam setiap tahapnya. Triathlon untuk pertama kalinya diciptakan oleh Scott Tinley dalam perlombaan di Perancis antara tahun 1920 hingga 1930-an. Triathlon awalnya diselenggarakan sebagai bagian dari latihan bagi para olahragawan lari. Lomba Triathlon sendiri secara resmi dilaksanakan di Pelabuhan Mission San Diego pada tahun 1974.

Jarak dari lomba Triathlon ini cukup bervariasi. Secara internasional, dari aspek jarak dapat dikategorikan ke dalam jarak Sprint (750 meter renang, 20 km balap sepeda dan 5 km  lari). Jarak Intermediate (atau Standar) yang juga umum disebut jarak Olimpiade (1,5 km renang, 40 km bersepeda dan 10 km lari). Kemudian jarak Jauh atau Ironman Setengah (1,9 km renang, 90 km bersepada dan 21,1 km lari) dan jarak Ultra yang biasanya disebut sebagai Ironman yakni 3,8 km renang, 180 km sepeda dan 42,2 km lari. Dengan kompetisi bertajuk “Komando Tritahlon”, tahun ini Grup 2 Kopassus Kartosuro siap memberikan pengalaman yang mengesankan kepada para atlet-atlet Triathlon untuk ikut serta berpartisipasi dalam Komando Triathlon yang untuk pertama kalinya diselenggarakan sebagai atmosfir militer Triathlon di Indonesia. Komando Triathlon yang digelar oleh Grup 2 Kopassus Kartosuro mengambil jarak standar yang biasa dipakai dalam pertandingan Olimpiade dunia. Bagi peserta yang berminat untuk mengikuti lomba ini dapat mendaftarkan diri pada website resmi Komando Triathlon yang tercantum pada leaflet, yakni www.triathlonindonesia.org