KOPASSUS PERTAHANKAN JUARA UMUM

Kontingen Kopassus kembali mempertahankan Juara Umum dengan membawa 7 tropi dari 17 tropi yang diperebutkan dalam Lomba Tembak Piala Kasad TA.2016 di Divisi Infanteri 1 Kostrad Cilodong, Jawa Barat (Senin, 17/10).

Pada Tahun 2016 ini medali yang diraih oleh Kontingen Kopassus mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu, yaitu 10 emas, 5 perak dan 4 perunggu, sementara tahun lalu hanya memperoleh 7 emas, 1 perak dan 4 perunggu. Posisi ini sekaligus menempatkan Kopassus diurutan pertama, diikuti oleh Divisi Infanteri 1 Kostrad, dengan perolehan medali 3 emas, 7 perak dan 3 perunggu diurutan kedua dan memboyong 4 tropi, Kodam V/Brawijaya diurutan ketiga dengan memperoleh medali 2 emas, 4 perak dan 5 perunggu dan memboyong 2 tropi, serta 4 tropi lainnya masing-masing diraih oleh Kodam Jaya/Jayakarta sebanyak 2 tropi dan Kodam IV/Diponegoro sebanyak 2 tropi.

Lomba Tembak Piala Kasad TA.2016 ini mempertandingkan materi tembak Senapan, Pistol, Senapan Otomatis (SO) dan Karaben. Tropi yang diboyong oleh Kontingen Kopassus berasal dari materi tembak senapan tim, materi tembak senapan otomatis individu, materi senapan tim (plat baja), materi pistol putra Kotama Tim (plat baja), materi pistol putra Kotama Tim, Tropi Juara Umum dan Piala Bergilir  Kontingen Kopassus yang dipimpin oleh Dangrup 1 Kopassus, Kolonel Inf Enoh Solehudin selaku Komandan Kontingen setibanya di Makopassus disambut oleh rombongan prajurit Kopassus yang berdiri disisi kiri dan kanan sepanjang jalan depan Gedung Sarwo Edhie Wibowo, diiringi dengan drum band Lokananta Kopassus.  Kemudian Danjen Kopassus, Brigjen TNI Madsuni menerima Piala Bergilir dan mengalungkan bunga kepada Komandan Kontingen, Kolonel Inf Enoh Solehudin.

Dalam pengarahannya kepada Kontingen Kopassus yang selesai mengikuti Lomba Tembak Piala Kasad dan Piala Panglima TNI di Gedung Flamboyan, Danjen Kopassus, Brigjen TNI Madsuni menyampaikan terima kasih kepada para atlet-atlet perang Kopassus yang telah menunjukkan prestasi terbaiknya dengan memberikan kemenangan, meskipun baru 2 minggu menjabat Danjen Kopassus. Kemenangan itu tentu berkat latihan keras yang selama ini telah dilakukan, dan ditinjau secara langsung oleh Pamen Ahli Danjen Kopassus Bidang Diklat, Kolonel Inf Edi Nurhabad yang selalu memberikan motivasi dan semangat selama berlatih di Grup 1 Kopassus. Prestasi seperti itu tidak diperoleh dengan mudah untuk itu berlatih dan berlatihlah, serta pertahankan prestasi tersebut dengan baik di masa yang akan datang.  Diakhir pengarahannya Danjen Kopassus mengingatkan salah satu diantara 5 kebijakannya, bahwa setiap melaksanakan latihan harus mencapai tujuan dan sasaran, setiap mengikuti lomba harus menang dan setiap tugas operasi harus berhasil. Hal tersebut sesuai dengan motto dan visi Kopassus, yaitu Kuat, Efektif, Efisien dan Dahsyat. Kata-kata dahsyat itu mengandung arti bahwa ditugaskan dimanapun prajurit Kopassus harus menang dan berhasil.