Kopassus dan Pemprov Banten gelar upacara hari Sumpah Pemuda serta baksos Bhakti Nusantara

Bertempat di lapangan Heroik Grup1 Kopassus Desa Taman Baru, Kecamatan Taktakan, Serang Banten , telah dilaksanakan kegiatan upacara dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke 90 tahun 2018 dan Hari Kesadaran Nasional  tingkat Provinsi Banten di Grup 1 Kopassus tahun 2018 yang diikuti sekitar 1500 peserta dengan penanggung jawab komandan Grup1 Kopassus Kolonel Inf Luki Avianto. (Serang, 28/10/2018).

Kegiatan upacara tersebut di ikuti oleh anggota TNI , Polri, ASN dan siswa siswi pelajar serta pramuka wilayah Banten. Turut hadir  para pejabat pada kegiatan upacara tersebut antara lain Danjen Kopassus Mayjen TNI Eko Margiyono, Kapolda Banten Brigjen Pol Tedy Minahasa, Gubernur Banten Dr.H. Wahidin Halim M.Si., Para Dandim se wil Banten, Para Kapolres se wil Banten, Danlanal Banten,  Danyon Cakra , Dansat Brimob Polda Banten, Para pejabat eselon propinsi Banten, para Bupati dan walikota se Banten serta tokoh adat dan tokoh masyarakat wil Banten. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Gubernur Banten dan pemimpin upacara adalah Mayor Inf Ginanjar sebagai Komandan Batalyon 12 Grup-1 Kopassus.

Setelah kegiatan upacara selesai dilanjutkan dengan berbagai kegiatan antara lain : Penyerahan dokumen dan sertifikat tanah daerah latihan untuk Kopassus dari Pemprov Banten kepada Komandan Jenderal Kopassus Mayjen TNI Eko Margiyono. Dimana  daerah latihan dengan luas 100 ha dan berlokasi  di Desa Mangkualam, Kecamatan Cimanggu Kab. Pandeglang Prov Banten tersebut merupakan wilayah yang strategis di sektor Barat Pulau Jawa sebagai pertahanan dari kemungkinan serangan musuh dari sektor wilayah selatan maupun  barat.

Dalam pembinaan. Kemampuan lokasi tersebut akan menjadi tempat latihan bagi Prajurit Kopassus, khususnya Grup 1 untuk mengasah kemampuan menjaga kesiapan perorangan maupun satuan  dalam menghadapi ancaman dan gangguan terhadap keutuhan NKRI di masa yang akan datang.

Pada kesempatan tersebut Danjen Kopassusl Kopassus  secara simbolis menerima  bantuan mobil Serba Guna sebanyak 1 (satu) unit dari Polda Banten yang diserahkan Kapolda Banten Brigjen Pol Tedy Minahasa dan menerima bantuan Truck pengangkut sampah sebanyak 1(satu) unit dari Gubernur Banten Dr. H. Wahidin Halim M.Si. Dengan bantuan tersebut Danjen Kopassus mengucapkan banyak terimakasih dan menyampaikan bahwa bantuan tersebut akan sangat bermanfaat dalam mendukung operasional Grup 1 Kopassus. Danjen Kopassus juga mengharapkan pada waktu- waktu mendatang kerjasama yang sudah ada antara Kopassus , Polda Banten dan Pemprov Banten dapat lebih ditingkatkan sebingga kita bisa bersama sama memajukan provinsi Banten dalam mendukung program – program yang dicanangkan oleh pemerintah RI.

Kegiatan lain yang mewarnai peringatan hari Sumpah Pemuda ke 90,  Kopassus dan Pemprov Banten bersinergi , bekerjasama menggelar bakti sosial untuk masyarakat wilayah Banten yang di selenggarakan di Grup 1 Kopassus  sejak bulan September 2018 yang lalu diawali oleh kegiatan Bangun Nusa, yang direalisasikan dalam bentuk pembangunan Madrasah Ibtidaiyah Nurut Taqwa di Kabupaten Padeglang.

Kegiatan Sehat Nusa yang dimulai dari tanggal 25 s.d 28 Oktober 2018 antara lain Screening katarak  723 Orang,  Operasi Katarak 204 Orang, Bibir Sumbing 27 orang, KB Mantap 9 orang, Donor Darah 410 Orang, Sunatan masal 346 orang, Pemasangan IUD/Implan 141, Pemeriksaan IVA tes : 65 orang, USG Gratis 150 orang dan Pengobatan massal sebanyak 805 orang.

Salah satu kegiatan bakti sosial Nusantara yang tidak kalah penting adalah Inspirasi Nusa, dimana para pelajar dan generasi muda dari berbagai latar belakang berkumpul, bersatu dan belajar selama 3 hari 2 malam di bumi perkemahan Saka Wira Kartika Grup 1 Kopassus. Sebanyak 542 orang Pramuka dari Serang dan Picung serta 139 orang dari Dinas Pemuda dan Olahraga ini mendapatkan materi latihan Dasar Disiplin dan Bela Negara langsung dibawah bimbingan Komandan Grup 1 Kopassus Kolonel Inf Lucky Avianto. Pada kesempatan tersebut juga diserahkan sertifikat Latsar Disiplin dan Bela Negara dari Danjen Kopassus kepada Perwakilan peserta Inspirasi Nusantara.