IR. KOPASSUS BUKA SOSIALISASI SAPIT DI LINGKUNGAN KOPASSUS

Inspektur Kopassus, Kolonel Inf Arif Bukhori mewakili Danjen Kopassus membuka acara sosialisasi aplikasi Sistem Akuntabilitas Pengawasan Internal Terintegrasi (SAPIT) di lingkungan Kopassus di Gedung Flamboyan Makopassus, Cijantung (Senin, 2/11).

Dalam sambutannya Danjen Kopassus, Mayjen TNI Madsuni yang dibacakan oleh Ir. Kopassus mengucapkan selamat datang kepada peserta sosialisasi di Makopassus, semoga kehadiran peserta dapat meningkatkan transparansi terhadap pengelolaan anggaran Kopassus melalui pemanfaatan aplikasi SAPIT di satuan kerja masing-masing. Danjen Kopassus juga menjelaskan bahwa sosialisasi ini adalah tindaklanjut dari acara sosialisasi serupa, yang sebelumnya diikuti oleh jajaran Itjenad, Srenad, Ditku dan Dissisfoad tanggal 27 – 28 Oktober lalu di Aula Jenderal Besar AH Nasution Mabesad.

Aplikasi SAPIT merupakan aplikasi sistem berbasis teknologi informasi (IT) yang sangat mudah pengoperasionalannya karena dapat diakses dan dimonitor secara online melalui telepon genggam jenis android dan perangkat computer sesuai waktu yang sebenarnya (real time) dan selalu up-date.  Sistem ini dapat mengukur pencapaian program kerja yang telah direncanakan agar dapat dilaksanakan dengan baik dan akuntabel, serta mencapai hasil yang optimal. Sistem ini diharapkan dapat memperkecil kesalahan dan penyimpangan sehingga dapat tercapai efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran dalam rangka mendukung dan menjamin terlaksananya tugas pokok Kopassus.

Diakhir sambutannya Danjen Kopassus menekankan kepada peserta sosialisasi untuk mengikuti dengan seksama seluruh materi yang telah disiapkan oleh Tim Sosialisasi sesuai jadwal. “Tanyakan berbagai hal yang dirasa belum jelas karena para peserta akan menjadi narasumber, nantinya di satuan kerja masing-masing”, tegas Danjen. Sebagai pengantar, sebelumnya Ir. Kopassus telah menjelaskan apa yang dimaksud dengan SAPIT, mengapa sistem ini disosialisasikan dan bagaimana 5 tahapan yang harus dilalui dalam penggunaan aplikasi ini ke depan di satuan kerja jajaran Kopassus. Sosialiasi diisi pula oleh pembekalan Asren Danjen Kopassus dengan materi “Mekanisme Dalprogar dihadapkan dengan program Aplikasi SAPIT”, dan penjelasan secara umum tentang Aplikasi SAPIT oleh Tim Teknis Infolahta Kopassus, serta penginstalan dan pengoperasian Aplikasi SAPIT.

Sosialisasi yang digelar selama 2 hari ini, diikuti oleh Kasi Opslat Pusdiklatpassus, para Pasi Ops Batalyon dan Sekolah Pusdiklatpassus, Pasi Pamops Denma Kopassus, Paku Satker Pusdiklatpassus dan Satuan Operasional jajaran Kopassus, Kaur Tuud Inspektorat dan Staf Umum, Kaur Min/Paur Tuud Balak, operator komputer masing-masing satuan dan juru bayar Satker di lingkungan Kopassus. Acara pembukaan sosialisasi dihadiri oleh para Wadansat, Wadanpusdiklatpassus dan Kabalak Kopassus.