HUT ke-69, Danjen Kopassus : Prajurit Kopassus harus Adaptif, Solid, Profesional, Setia Kepada Rakyat dan NKRI

JAKARTA, Pada Jumat (16/4/2021) kemarin Komando Pasukan Khusus (Kopassus) memperingati hari jadinya yang ke 69 dengan menggelar upacara sederhana di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta, dan diikuti oleh seluruh satuan Kopassus Grup 1 Serang, Grup 2 Kartosuro, Jawa Tengah, Pusdiklatpassus Batujajar, Satgultor secara virtual.

Kali ini HUT ke 69 Kopassus, mengambil tema “KOPASSUS UNTUK INDONESIA MAJU”. Dengan tema tersebut diharapkan terwujudnya Kopassus yang adaptif, Profesional, Modern dan Tangguh dalam operasi khusus sebagai penangkal, penindak dan pemulih
terhadap setiap bentuk ancaman baik dari dalam dan luar negeri, serta sebagai satuan yang terpercaya, kuat , solid, unggul dan dicintai rakyat.

Danjen Kopassus Mayjen TNI Mohamad Hassan menjelaskan, HUT Kopassus kali ini diperingati dengan upacara sederhana namun tetap khidmat, mengingat Indonesia saat ini masih berjuang menghadapi pandemi Covid-19.

” kita tidak melaksanakan kegiatan parade defile secara besar-besaran seperti biasa dan tidak ada demostrasi, karena Indonesia saat ini masih berjuang menghadapi Covid-19, jadi diperingati dengan upacara sederhana namun tetap khidmat,” terang Danjen Kopassus saat doorstop dengan awak media di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur,

Ditambahkan Danjen, perjalanan dan pengabdian Kopassus selama 69 tahun telah menorehkan tinta emas dalam perjalanan bangsa Indonesia. hal tersebut diperoleh dengan perjuangan dan pengorbanan yang cukup panjang, serta tidak mengenal lelah dari para pendahulu.

“Saat ini kita yang mengawaki Kopassus memiliki tanggung jawab untuk mewarisi nilai-nilai yang mereka telah tinggalkan pada kita dan meneruskan perjuangan, mengangkat nama baik Kopassus setinggi-tingginya,” kata Danjen.

Danjen mengingatkan kepada seluruh prajuritnya bahwa Kopassus akan menghadapi tantangan yang semakin kompleks dan tidak mudah dalam menjalankan tugas kedepan.

Oleh karenanya, lanjut Danjen, dalam menghadapi hal tersebut, seluruh prajurit Kopassus untuk terus meningkatkan profesionalisme kemampuan yang telah miliki.

“Kita tingkatkan sehingga mampu untuk menjawab semua tantangan yang diberikan kepada Kopasuss,” ungkapnya.

Danjen Mayjen TNI Mohamad Hasan menegaskan para prajurit Kopassus untuk tetap setia kepada NKRI, pimpinan, kawan, dan anak buah.

“Bekerja dengan baik, hindari tindakan sekecil apapun yang akan merusak nama baik TNI, TNI AD, dan Kopassus. Pedomani sapta marga, sumpah prajurit, 8 wajib TNI dan janji prajurit komando dimana pun berada dan bertugas. Lebih baik pulang tanpa nama daripada gagal di medan laga,” tegas Mayjen TNI Mohamad Hasan. (munir)