Hasil Pemanfaatan Lahan Produktif, Pusdiklatpassus Panen Raya Ubi Jepang

BATUJAJAR – Dalam rangka pemanfaatan lahan kosong menjadi lahan produktif dan bermanfaat, Pusat Pendidikan Latihan (Pusdiklatpassus) Kopassus Batujajar Bandung menanam ribuan Ubi Jepang di empat spot lahan yang berbeda, satu diantara spot lahan telah menuai hasil berlimpah.

Kegiatan  panen raya pertama ubi Jepang berhasil dipanen di spot tanam TPS Blok Scuba dan dipimpin langsung oleh Danpusdiklatpassus Kopassus Brigjen TNI Thevi A. Zebua pada Selasa (18/5/2021).

Brigjen TNI Thevi A. Zebua menyampaikan panen Ubi Jepang ini merupakan suatu tantangan men- challenge diri merubah lahan tidur marginal menjadi lahan yang produktif dan bermanfaat.

” Panen raya Ubi Jepang ini merupakan wujud syukur kita dan kerja keras untuk selalu berpikir positif, dalam merubah lahan tidur marginal menjadi lahan yang produktif dan bermanfaat,” terang Danpusdiklatpassus dilokasi panen.

Dikatakan Danpusdiklatpassus, khasiat Ubi Jepang sangat baik bagi kesehatan, seperti untuk pengobatan alternatif/herbal yaitu penyembuhan Diabetes.

Selain itu , sambungnya, dengan adanya hasil panen ini bisa dijadikan komoditi andalan Pusdiklatpassus Kopassus Batujajar, hasil olahan dari bahan baku Ubi.

“Jangan pernah pesimis akan keadaan, tetapi berupaya optimis sehingga akan menghasilkan sesuatu yang bermakna. Semoga panen ini barokah dan bermanfaat bagi keluarga besar Pusdiklatpassus,” ajak Brigjen Thevi menyemangati prajuritnya untuk terus semangat mengolah lahan produktif.

Untuk lebih memajukan pengetahuan tentang pemanfaatan lahan kosong dan pengolahan Ubi Jepang, Danpusdiklatpassus akan menyiapkan  kegiatan edukasi produk olahan Ubi Jepang, dan sistem penjualan secara langsung yang bertujuan Persit/keluarga dapat mengisi kegiatan positif dan produktif.

Diakhir sambutan Komandan Pusdiklatpassus mengucapkan terima kasih atas semua pihak yang terlibat, dan mengingatkan untuk tetap jaga kesehatan serta pedomani protokol kesehatan dimanapun berada dan bertugas.

Kegiatan Panen raya Ubi Jepang  diawali dengan penjelasan singkat tentang masa penyiapan lahan, proses penanaman, perawatan hingga siap panen Ubi Jepang oleh Dandenma.

Pusdiklatpassus menyebar ribuan bibit Ubi Jepang di tiga plot lahan yaitu :
a. Spot TPS Blok Scuba : 200 m2, ditanam 2.500 bibit Ubi Jepang.
b. Spot Lahan Seraider : 500  m2, ditanam 6.000 bibit Ubi Jepang.
c. Spot Lahan Persit (area Sepursus) : 3.500 m2, ditanam 24.880 bibit. Dan
d. Spot Lahan Sepursus (Mini City) : 25.000 m2, ditanam 208.380 bibit.

Panen raya Ubi Jepang dihadiri Pejabat Pusdiklatpassus (Wadanpusdiklatpassus, Kadeptiknik, Para Kabag, Para Danse, Para Kasi dan Kabalak, Dandenma), Perwakilan Personel Militer dan PNS dan Perwakilan Persit KCK Cab. IV Pusdiklatpassus, serta  Manager PT.SSMB/selaku Offtaker dan Perwakilan dari BTN Cimahi.(munir)