Ekspedisi NKRI Ajang Pengabdian Kepada Masyarakat

PENKOPASSUS-Komando Pasukan Khusus (Kopassus) selaku panitia pelaksana Ekspedisi NKRI  dan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menjalin kerja sama dalam program Ekspedisi NKRI Koridor Kepulauan Nusa Tenggara 2015.

Ekspedisi NKRI Koridor Kepulauan Nusa Tenggara 2015 merupakan kelanjutan Ekspedisi sebelumnya yakni Ekspedisi Bukit Barisan 2011di Sumatera, Ekspedisi Khatulistiwa 2012 di Kalimantan ,Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi 2013 dan Ekspedisi NKRI Koridor Maluku dan Maluku Utara 2014, kata Komandan Jenderal Kopassus Mayjen TNI Doni Monardo dalam sambutannya yang dibacakan Kolonel Inf Sidharta Wisnu ketika melaksanakan sosialisasi Ekspedisi NKRI 2015 di aula Multi Media UGM Yogjakarta , Jumat ( 14/11)

Doni  menjelaskan tujuan ekspedisi NKRI yaitu meningkatkan potensi pertahanan nasional, wawasan kebangsaan dan bela negara,cinta tanah air ,mengembangkan potensi pariwisata dan membangun infrastruktur pedesaan serta mensejahterakan masyarakat .

Dekan Fakultas Biologi ,Dr.Suwarno Hadi,S mengatakan Universitas Gajah Mada telah mengirimkan mahasiswanya ikut berpartisipasi sejak ekspedisi Khatulistiwa 2012 di Kalimantan.Ditambahkan juga sebagian besar mahasiswanya yang mengikuti ekspedisi NKRI tugas akhir skripsinya hasil penelitian ketika menjadi peserta ekspedisi

Dr.Suwarno menekankan kegiatan ekspedisi ini sangat penting dan bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat menambah wawasan dan pengetahuan  dan berharap bagi mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan panitia ekspedisi  agar mengambil kesempatan yang sebaik-baiknya untuk ikut ekspedisi..

Kepala Bagian Operasi Ekspedisi NKRI 2015 ,Letkol Inf Yuri Elias Mamahi mengatakan  personel yang terlibat sekitar 1.500. personel terdiri TNI,Polri,Pemda, Pemerintah Pusat, Mahasiswa dan masyarakat setempat. Sedangkan pendaftaran peserta ekspedisi dilakukan secara online bisa diakses diwebsite ekspedisi www.ekspedisi.nkri.com. (A.Munir)