Ekspedisi Khatulistiwa 2012 terima pembekalan Dirjen PHKA

Peserta Ekspedisi Khatulistiwa 2012 menerima pembekalan dari  Direktur PHKA  Kemenhut RI di Aula Ricky Samuel,  Situ Lembang, (30/3).

Untuk menambah wawasan dan bekal pengetahuan tentang pengelolaan kawasan konservasi ekoregion di wilayah hutan Kalimantan  peserta Ekspedisi Khatulistiwa 2012 menerima pembekalan dari Ir.Sonny Partono MM Direktur Kawasan Konservasi dan Bina Hutan Lindung Direktorat Jenderal  PHKA  Kemenhut RI bertempat di Aula Ricky Samuel,  Situ Lembang, Bandung, Jawa  Barat,Kamis (30/3).

Fungsi pokok kawasan hutan merupakan konservasi mempertahan keaneragaman hayati, tumbuhan satwa dan ekosistemnya . Hal ini untuk melindungi pengaturan hidrologi / tata air, kontrolerosi dan sebagai hutan produksi yang menghasilkan kekayaan hutan yang ada di dalamnya. Sebagai fungsi kawasan konservasi antara lain cagar alam, cagar alam laut, suaka margasatwa, suaka marga satwa laut, taman nasional, taman nasional laut,taman wisata, taman wisata laut, taman buru dan taman hutan raya. Dari segi potensi ekoregioanal Kalimantan adalah keragaman hayati, sedang dari segi ekologi adalah keanekaragaman hayati dan budaya Kalimantan.

Mengakhiri pembekalannya Ir Sonny menyampaikan selamat bertugas dan berharap peserta ekspedisi yang akan melakukan penjelajahan di Pulau Kalimantan mengerti dan tahu terhadap kawasan pelestarian alam dan kawasan suaka alam yang dapat memberikan andil bagi terjaganya kawasan hutan di Kalimantan.