DANJEN KOPASSUS PIMPIN UPACARA HARI JUANG KARTIKA

Danjen Kopassus, Mayjen TNI Madsuni bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada pelaksanaan Upacara Memperingati Hari Juang Kartika Tahun 2016 di Lapangan Makopassus, Cijantung (Kamis, 15/12). Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono, dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danjen Kopassus mengatakan bahwa peringatan Hari Juang Kartika Tahun 2016 ini diselenggarakan dengan sederhana secara tersebar dan serentak di seluruh wilayah Indonesia, disertai dengan syukuran dan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan, yang menjadi refleksi Jatidiri TNI sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional.

Kasad menegaskan TNI AD meyakini bahwa TNI akan kuat jika senantiasa manunggal dengan rakyat, karena kekuatan TNI yang didukung oleh rakyat merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi Bangsa dalam ikut serta membela Negara Kesatuan Republik Indonesia.  TNI senantiasa tumbuh berkembang dan berjuang bersama rakyat untuk kepentingan rakyat Indonesia.

Sebagai Tentara Rakyat, nilai-nilai kemanunggalan dengan rakyat yang terkandung dalam peristiwa sejarah Palagan Ambarawa hendaknya senantiasa ditanamkan dalam gerak langkah pengabdian setiap prajurit TNI AD. Hal tersebut sejalan dengan tema Hari Juang Kartika yang ditetapkan tahun 2016, yaitu “Melalui Hari Juang Kartika, Kita Mantapkan Jati Diri TNI AD dan Kemanunggalan TNI-Rakyat Guna Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”.

Selanjutnya, Kasad juga menyampaikan bahwa TNI AD bertekad untuk terus membenahi diri dan meningkatkan kualitas pengabdiannya, sekaligus mohon doa restu kepada seluruh rakyat Indonesia agar tekad pengabdian TNI AD kepada masyarakat, Bangsa dan Negara senantiasa berada pada arah yang benar. Bagi TNI AD, kehormatan tertinggi adalah ketika mampu memberikan karya dan pengabdian terbaik bagi masyarakat, Bangsa dan Negara.

Upacara Hari Juang Kartika, diikuti oleh Wadanjen Kopassus, para Pamen Ahli Kopassus, Ir. Kopassus, para Asisten Danjen Kopassus, para Kabalak Kopassus, Pamen Kopassus, serta seluruh prajurit dan PNS Kopassus dari Denma Makopassus, Grup 3 Kopassus dan Sat-81 Gultor Kopassus.