Danjen Kopassus : Pelihara kemanunggalan TNI dengan Rakyat Guna Meningkatkan Semangat Bela Negara

Jakarta, Ratusan Mahasiswa dari berbagai Universitas se-Jabodetabek antara lain ; Universitas Indonesia, Universitas Trisakti, Universitas Mercu Buana, UNJ, UKI, Univesitas Gunadharma, Universitas Jayabaya dan Universitas Suryadharma, mengikuti acara Komunikasi Sosial TNI dengan Komponen Masyarakat ( Mahasiswa ) se- Jabodetabek Tahun 2019 yang berlagsung di Balai Komando, Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (27/2/2019).

Kegiatan komunikasi sosial tersebut merupakan suatu wadah komunikasi dan diskusi yang bertujuan untuk mempertajam, menjalin silaturahmi antara TNI dengan seluruh Komponen Masyarakat terutama para Mahasiswa.

Dalam sambutannya Aster Panglima TNI Mayjen TNI George E. Supit, mengatakan bahws kegiatan Komsos ini memiliki arti penting, yaitu pertama sebagai salah satu upaya TNI untuk meningkatkan jalinan komunikasi sosial yang lebih harmonis dengan seluruh komponen masyarakat. Kedua, pertemuan ini juga merupakan sarana yang efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan guna membangun komunikasi dialogis diantara komponen bangsa, sehingga dapat diperoleh kesamaan pandang dalam memahami setiap permasalahan yang terjadi, sehingga akan terpelihara keharmonisan dan sinergitas. Ikatan kebersamaan seperti ini, perlu kita tumbuh suburkan untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan yang sangat diperlukan guna menghadapi berbagai permasalahan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sementara itu dalam pengarahannya Aster Panglima TNI Mayjen TNI George E. Supit dan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa. SE.,M.Tr. (Han). meminta kepada seluruh Mahasiswa yang hadir agar mencermati kondisi saat ini, seperti rasa Nasionalisme dan Patriotisme warga negara sudah agak menurun, berkurangnya pemahaman terhadap sejarah, dan terkikisnya budaya indonesia. Untuk itu Aster meminta kepada para mahasiswa untuk berperan aktif meningkatkan rasa Nasionalisme dan Patriotisme yang bertujuan untuk meningkatkan jati diri Bangsa dan Negara dimasa yang akan datang. Kondisi kehidupan masyarakat Indonesia saat ini, tentunya memberikan gambaran kepada kita semua, bahwa TNI, Pemerintah dan masyarakat perlu memiliki visi dan misi yang sama untuk menciptakan suasana kehidupan di masyarakat yang damai, rukun dan kondusif.

Kerukunan mempunyai arti penting dalam kehidupan manusia, apalagi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena kerukunan akan dapat menjamin stabilitas keamanan di wilayah. Sebagai Prajurit TNI, kita harus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat dalam mendukung kemajuan Bangsa dan Negara. Pada kesempatan yang baik ini, saya juga mengajak kepada komponen masyarakat, mari kita bekerja sama untuk menjadi sejahtera, adil dan makmur, ujar Aster Panglima TNI.

Pada acara tersebut ikut memberikan pengarahan, Komandan Jenderal Komando pasukan Khusus, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa. SE.,M.Tr. (Han) yang menyampaikan, tentang perkembangan lingkungan strategis global terakhir ini, yang mana masih didominasi oleh isu – isu perkembangan politik, ekonomi global, terorisme, demokratisasi, lingkungan hidup, dan Proxy War. Sementara itu terkait kegiatan politik praktis tersebut, TNI akan selalu tetap menjunjung tinggi komitmen Netralitas TNI dan senantiasa membina Kemanunggalan TNI – Rakyat.

Ditambahkan Danjen Kopassus bahwa menjaga kedaulatan NKRI merupakan tanggung jawab seluruh warga negra sesuai fungsi dan profesi masing – masing. TNI sebagai garda terdepan akan bertekad hingga titik darah penghabisan menangkal msemua rongrongan yang mengganggu stabilitas nasional.

Mengakhiri arahannnya Danjen Kopassus mengajak kepada seluruh peserta Komsos, agar jangan terlena dengan adanya perubahan dari pengaruh proses globalisasi dan arus informasi yang begitu cepat dan berdampak luas terhadap dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Upaya yang konkret untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan bela negara, perlu terus dikembangkan dalam berbagai sendi kehidupan di masyarakat, sehingga terwujud dan benar – benar dapat dilaksanakan dengan baik dan penuh kesadaran dalam rangka tetap berdirinya NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pelihara kemanunggalan TNI dengan Rakyat Guna Meningkatkan Semangat Bela Negara dan demi keutuhan kedaulatan NKRI.

Hadir dalam acara komsos tersebut sejumlah pejabat teritorial Mabes TNI, Rektor dan Dekan Universitas, Pejabat teras Kopassus, serta para undangan lainnya.