DANJEN BUKA LOMBA PELETON TANGKAS ANTAR BATALYON KOPASSUS

Danjen Kopassus, Mayjen TNI Madsuni mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta dan terima kasih atas kehadirannya untuk mengikuti Lomba Peleton Tangkas antar Batalyon Kopassus TA.2016 di Lapangan Tembak Ksatria, Makopassus (Selasa, 13/12). Hal tersebut disampaikan Danjen saat membuka lomba ton tangkas dihadapan seluruh peserta upacara.

Selanjutnya, Danjen Kopassus mengatakan bahwa lomba ini diselenggarakan untuk mengetahui kemampuan prajurit Kopassus, baik ilmu pengetahuan maupun keterampilan serta kesamaptaan jasmani.  Selain itu, juga sebagai wahana untuk mengevaluasi pelaksanaan Pembinaan Satuan yang selama ini telah dilakukan oleh Batalyon jajaran Kopassus. Adapun tema yang diangkat pada lomba ini mengacu pada Lomba Ton Tangkas TNI AD bulan lalu, yaitu “Melalui Lomba Peleton Tangkas Kopassus TA.2016, kita wujudkan prajurit Kopassus yang disiplin, jago perang, jago tembak, jago beladiri dan memiliki fisik yang prima, sebagai implementasi dari hasil Pembinaan Satuan, guna memantapkan kesiapan satuan dalam rangka keberhasilan tugas pokok Kopassus”. Lomba ini diikuti oleh 11 satuan Batalyon Kopassus dengan memperlombakan 6 materi lomba yaitu lintas medan, renang militer, yong moodo, menembak pistol dan senapan, kesegaran jasmani dan aplikasi ilmu medan.

Danjen juga berpesan “ikuti setiap materi lomba dengan jujur dan sportif, jaga kekompakan dan jiwa korsa, manfaatkan kesempatan lomba tersebut untuk menunjukkan prestasi satuan seoptimal mungkin”. Disamping itu, “perhatikan faktor keamanan, baik personel maupun materiil. Kemenangan harus menjadi tujuan utama, namun kemenangan harus dilandasi oleh sportivitas yang tinggi dan adanya pengakuan dari para peserta lain, serta tanpa adanya kerugian baik personel maupun materiil”.

Khusus kepada ketua penyelenggara, tim penilai dan koordinator materi, Danjen menekankan agar melaksanakan tugas mulia ini dengan penuh rasa tanggung jawab, serta melakukan penilaian secara jujur, transparan dan obyektif, sehingga prestasi dan hasil yang dicapai peserta lomba betul-betul diperoleh sesuai dengan Binsat yang selama ini dilaksanakan di satuan Batalyon Kopassus. Diakhir amanatnya, Danjen mengucapkan selamat berlomba untuk meraih prestasi yang terbaik. Lomba hari ini diawali dengan renang militer, dan dilanjutkan besok dengan kesegaran jasmani. Untuk berikutnya, dilanjutkan dengan menembak pistol dan senapan, yong moodo, lintas medan dan aplikasi ilmu medan.

Hadir dalam pembukaan lomba ini Wadanjen Kopassus, Ir. Kopassus, para Pamen Ahli Danjen Kopasssus, para Dansat Kopassus, para Asisten Danjen Kopassus, para Kabalak dan seluruh Pamen Makopassus, Danpusdiklatpassus selaku ketua penyelenggara, ketua tim beserta anggota penilai, koordinator materi, dan peserta lomba ton tangkas Kopassus 2016.