Bakti Sosial Terpusat Kopassus

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-70 Persit Kartika Chandra Kirana tanggal 3 April 2016, dan sekaligus Hari Ulang Tahun Ke-64 Kopassus yang jatuh pada tanggal 16 April 2016, Kopassus bekerjasama dengan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Kopassus menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial Terpusat pada tanggal 20 Maret 2016 bertempat di Yayasan Pendidikan Islam dan Panti Asuhan Al-Aqsho Desa Pegadingan Kecamatan Kramat Watu Kabupaten Serang – Banten.

Kegiatan Bakti Sosial adalah salah satu bentuk kegiatan teritorial TNI AD yang dilaksanakan oleh seluruh satuan jajaran TNI AD, termasuk satuan Kopassus. Kegiatan ini merupakan wujud perhatian dan kepedulian Kopassus terhadap kesulitan yang dialami masyarakat disekelilingnya. Penyelenggaraan Bakti Sosial dipusatkan di Grup-1/Serang, sebagai bagian dari komitmen Kopassus untuk memberikan perhatian secara tulus terhadap permasalahan yang dialami masyarakat di wilayah binaannya, terutama masalah di bidang kesehatan. Perhatian yang tulus dan ikhlas ini  diharapkan apat membangkitkan semangat warga masyarakat untuk menjalani kehidupan, yang dilandasi oleh rasa kekeluargaan dan kebersamaan untuk mencapai cita-cita bersama, yaitu menuju masyarakat Indonesia yang sejahtera.

Dalam sambutannya Danjen Kopassus, Mayjen TNI M.Herindra menyampaikan bahwa Bakti Sosial ini diselenggarakan untuk membantu masyarakat Serang. Kegiatan yang dilaksanakan, diantaranya pemberian bantuan paket Sembako dari Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Kopassus yang berisi 2 kg Gula, 2 kg Tepung terigu, 2 kg Beras dan 10 bungkus Indomie seharga Rp. 60.000,- per paket kepada 1.500 warga binaan Grup 1/Serang, yang meliputi Desa Kramat Watu/ Pegadingan (750 orang) binaan Grup-1/Serang, Desa Pelamunan (250 orang) binaan Yon-11, Desa Umbul Tengah (250 orang) binaan Yon-12, Desa Lialang, Drangon (200 orang) binaan Yon-13 dan Prajurit Grup-1/Serang Kopassus (50 orang).  Disamping itu, pengobatan massal kepada 1.500 warga masyarakat Kabupaten Serang, khitanan massal kepada 50 anak-anak Pesantren Yayasan Baitul Qur’an, pemberian bantuan 300 kacamata kepada warga, dan pembangunan Mesjid Baladika Baitul Qur’an sebanyak 1 unit. Bakti Sosial diawali dengan pemukulan beduk sebagai tanda dibukanya Baksos, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti pembangunan Mesjid oleh Danjen Kopassus, yang diikuti dengan pengguntingan pita oleh Ibu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Kopassus, Ibu. M.Herindra disaksikan oleh Wadanjen Kopassus, Brigjen TNI Santos G. Matondang dan Ibu Wakil Ketua Persit Kartika Chandra KIrana Cabang BS Kopassus, Ibu Santos G. Matondang serta penyerahan simbolis penggunaan Mesjid Baladika Baitul Qur’an kepada Ustadz Arifin selaku Ketua Yayasan Baitul Qur’an dan penyerahan simbolis santunan dari Ibu Danjen kepada santriwati pondok pesantren.

Setelah Bakti Sosial di Grup-1/Serang ini, akan diikuti pula secara tersebar di satuan jajaran Kopassus di Grup-2/Kartosuro, Grup-3, Makopassus dan Sat-81 Jakarta serta Pusdiklatpassus, Batujajar – Bandung. Turut hadir dalam acara Bakti Sosial ini Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Kopassus beserta Pengurus, Wadanjen Kopassus, para Asisten Danjen Kopassus, Dangrup dan Dansat Kopassus serta  para Kabalak Kopassus. Dalam menyongsong hari jadinya yang ke-64, Kopassus kali ini mengusung tema : “Melalui Hari Ulang Tahun Ke-64 Kopassus, Kita Tingkatkan Loyalitas, Moralitas dan Integritas Guna Mewujudkan Prajurit Kopassus yang Hebat, Profesional, dan Dicintai Rakyat”.