Apel Kesiapan Peserta Lokal Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017

Kepala Bagian Operasional Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian selatan 2017, Letnan Kolonel Inf Adek Chandra Kurniawan memimpin apel kesiapan peserta lokal kegiatan Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 dilapangan Makorem 174/ Anim Ti Waninggap Merauke Kodam XVII/Cenderawasih pada Selasa (2/8/2017).

Dalam sambutan singkatnya Kabagops Ekspedisi NKRI 2017 didampingi Dansubkorwil-3/Merauke Mayor Inf Yoki Malinton menyampaikan bahwa, Ekspedisi merupakan tugas negara, para peserta merupakan personel personel terpilih yang memperoleh kesempatan untuk menjadi peserta Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian selatan 2017.

Kegiatan Ekspedisi melibatkan 797 personel, terdiri dari berbagai elemen bangsa, dari TNI, Polri, para Ahli (Peneliti), Mahasiswa (Akademisi), Pemda dan Masyarakat. Seluruh peserta ekspedisi baik peserta pusat maupun wilayah, sebelum diberangkatkan ke daerah penugasan akan diberikan pembekalan terlebih dahulu secara bersama sama tentang keadaan wilayah setempat guna mendukung pelaksanaan tugas.

Saat ini peserta yang berasal dari pusat masih berada diperjalanan menuju Merauke dengan menggunkan KRI Teluk Bintuni. Peserta daerah nantinya akan bergabung bersama peserta lain yang berasal dari seluruh Indonesia.

Kabagops berharap, para peserta nantinya membaur bersama peserta lainnya, sehingga diharapkan terjadi interaksi dan komunikasi sehingga peserta pusat dapat segera menyesuaikan diri terhadap lingkungan dan adat istiadat wilayah setempat.

Para peserta lokal yang tergabung berasal dari Korem 174/ATW, Kodim 1707/Meruke, Yonif 755 Yalet, Polda Papua, BPBD, Diknas Merauke, Lanud Merauke, Denkesyah Merauke, Universitas Musamus, STIA Karya Darma.

Keikutsertaan berbagai komponen masyarakat, khususnya generasi muda dalam kegiatan Ekspedisi, diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran Bela Negara, wawasan kebangsaan, serta rasa persatuan seluruh komponen Bangsa, menumbuhkan kesadaran untuk menjaga kelestarian alam, membantu meningkatkan sarana prasarana perhubungan, komunikasi dan perekonomian sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta mewujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Para Peserta Ekspedisi NKRI nantinya akan di sebar dalam 5 (Lima) Subkorwil, Subkorwil-1/Asmat di kab. Asmat, Subkorwil-2/Mappi di kab. Mappi, subkorwil-3/Merauke di kab. Merauke, subkorwil-4/Mindiptana di kab. Boven Digoel dan subkorwil-5/Tanah merah di kab. Boven Digoel.

Ekspedisi NKRI bertujuan melakukan identifikasi pengembangan potensi sumber daya alam, meningkatkan pelayanan kemasyarakatan, terutama pada bidang pembangunan manusia dan kebudayaan, meningkatkan partisipasi masyarakat, terutama generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan, serta memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa.(Tim Media Ekspedisi NKRI 2017)